Rabu, 19 Juni 2013


Assalamu'alaykum Wr. wb
Welcome to my blogg
hopefully in this first time we will get new information to enlarge our knowledge 
enjoy your reading ............. 

DEBATE
Debat adalah proses bertukar pikiran atau diskusi untuk mencari  pemecahan masalah dari sebuah isu, topik, arau mosi – keputusan rapat dalam parlemen yang menyatakan pendapat para anggota rapat- tertentu. Pada saat berdebat orang berusaha untuk memberikan argumentasi, alasan-alasan, contoh-contoh dari suatu kasus dan membuat sanggahan-sanggahan terhadap lawan bicaranya.
Format Debat menggunakan Format Debat Parlemen Australasia  satu babak, yang menghadapakan dua tim; Tim Affirmatif dan Tim Negatif yang masing-masing berusaha meyakinkan Tim Adjudicator (Dewan Juri ). Masing-masing tim menampilkan 3 pembicara utama ( substantial speech ) @ 5 menit dan 1 pembicara balasan ( reply speech ) @ 3 menit yang diambil dari 3 pembicara utama. Dan yang boleh menjadi reply speech hanya pembicara ke- 1 atau ke- 2.
Aspek- aspek Penilaian terdiri dari :
a.1. Aspek materi dengan bobot 40%, yang meliputi unsur-unsur Logika argumen dan Relevansi argumen dengan topik.
a.2. Aspek  sikap dengan bobot 40%, yang meliputi Cara berbicara di hadapan publik dan Cara presentasi kasus.
a.3. Aspek metode dengan bobot 20%, yang meliputi Struktur dan Urutan pidato.
·         What must we do in debate?
Affirmative Team.
1.       Kita harus membatasi atau membuat batasan dari tema debat (motion) kedalam skup yang lebih kecil, tetapi tidak boleh mengurangi atau memperkecil dan menghilangkan tujuan dari tema. Atu kita tidak boleh membuat limitasi atau batasan tema yang hanya menguntungkan tim kita saja.
2.       Kita harus bisa memberikan dan menyajikan penomena atau tema kita yang sedang didiskusikan sebagai bukti bahwa hal ini benar-benar terjadi.
3.       Sebagai affirmatif tim harus memberikan alasan mengapa mereka mendukung tema.
4.       Kita juga harus membuat prosedur dan mekanisme jika tema membutuhkannya.
5.       Kita membuat sudut pandang atau point of view untuk mendukung tema berdasarkan alasan yang telah di buat sebelumnya.
6.       Point of View  atau sudut pandang harus disampaikan disetai dengan korelasi atau hubungan dengan tema ( motion )
7.       Buat atau ambilah contoh mengenai tema dan dihubungkan dengan dampak yang akan ditimbulkan.
8.       Dukunglah argumen kita dengan memberikan ilustrasi dan data untuk memperkuat stetmen dan argumen kita.

Negative team
1.       Sebagai negatif team harus mengikuti limitasi dari tim positif atau Affirmative team.
2.       Memiliki argumen atau pendapat yang berlawanan dengan argumen dari tim positif.
3.       Memiliki alasan mengapa tim negatif tidak setuju dengan argumen atau pernyataan dari tim positif.
4.       Tim negatif harus memperhatikan skenario atau konsep dari tim positif dan menanyakan penomena yang berhubungan dengan pendapat tim positif atau tema.
5.       Tim negatif harus mengadu kenyataan atau bukti nyata yang disampaikan oleh tim positif.

1.       Cara mengucapkan salam :
Honourable to................

Adjudicator              : Juri tim
Time keeper            : Tim Juri
Chair person            : Pemimpin Debat
Audience                  : Penonton

Assalamu’alaykum and good Morning

(Honourable to the adjudicator, time keeper, chair person, affirmative or negative team and all audience. Assalamu’alaykum Wr. Wb. And good morning.)
Well I’m the 1st, 2nd, or 3rd speaker from Affirmative or Negative team.
I would like to deliver our motion today (read the debate motion “ Handphone bring more harm for the student” )
Setelah kita bisa mempraktekkan cara mengucapkan salam selanjutnya ada pembagian tugas setiap pembicara di dalam satu tim yaitu:
1st speaker             : well as the 1st speaker I would like to give the clear definition of our motion today. That the deffinition of HP is .................................., Bring more harm is..........................)
The limitation of our motion today is the student  we limit starting from Elemantary until Senior high school.
The reason of our team  to support our team argumentation are :
1.
2.
3. etc.
Well I’m the 1st speaker of  affirmative or negative team will support our team argumentation from ............................................ point of view (sudut pandang)
My 2nd speaker will support my team argumentation from........................ point of view, and my 3rd speaker will completly support and elaborate my team argumentation.
Ok ladies and gentleman now let’s fokus to ( 1st speaker point of view example “Teaching learning process” point of view )
Etc.
2nd speaker            : Honourable to the adjudicator, time keeper, chair person, affirmative or negative team and all audience. Assalamu’alaykum Wr. Wb. And good morning.
Well I’m the 2nd speaker of affirmative or negative team will support our team argumen from .............................point of view. But before that I would like rebute the statemen that given by the 1st or 2nd speaker  from affirmative or negative team.
3rd speaker            : Honourable to the adjudicator, time keeper, chair person, affirmative or negative team and all audience. Assalamu’alaykum Wr. Wb. And good morning. Well I’m as the 3rd speaker of affirmative or negative team will complitelly, support, and elaborate my team argumentation but before that let’s rebute the statemen that given by the 1st, 2nd and 3rd speaker from affirmative team or Negative team.
Clossing.
This is my argumentation and I hope that we can take good point from our discussion thank you Assalamu’alaykum Wr. Wb. And good morning.

2.       Tahap- tahap dalam menyusun argumen

·         Membangun argumen , ada beberapa elemen yang perlu kita buat :
1.       Background Issue + problem acknowledgement, bagian ini merupakan bagian di mana kita harus mengetahui apa latar belakang dan masalah dari kasus yang sedang dibahas.
2.       Defining  the motion, di bagian ini kita mempunyai tugas untuk memberi batasan dalam debat, membuat parameter, dan memperjelas semua kata yang terdengar ambigu.
3.       Picking a stance, di bagian ini kita harus memperjelas apa kemauan kita dari tema yang telah diangkat untuk diperdebatkan.
4.       Constructing mechanism, di bagian ini kita harus membahas mengenai cara-cara / mekanisme untuk menyelesaikan kasus tersebut.

·         Membuat argumen, dalam hal ini kita harus membaginya ke beberapa tahap:
1.       Assertion, merupakan jawaban dari mengapa kita mendukung atau menolak tema tersebut.
2.       Reasoing, merupakan tahapan untuk memperkuat alasan kita mendukung atau menolak ( tidak setuju ) dengan tema tersebut.
3.       Example, merupakan tahapan untuk memberikan contoh nyata, sehingga dapat memperkuat argumen kita.
4.       Link back, merupakan tahap untuk memberikan link back antara argumen dengan tema, sehingga argumen yang kita buat terlihat nyambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar